Bilangan Rasional dan Bilangan Irasional | Bedanya Apa?

Mengenal Bilangan rasional dan bilangan irasional

Gaes, pada zaman SD dulu pasti udah pada paham banget tentang macem-macem bilangan Matematika, kan? Nah, sekarang coba inget lagi deh, ada yang masih ingat semua jenis bilangan itu gak? Iya dong, ada bilangan bulat, bilangan cacah, bilangan asli, sama bilangan pecahan. 

Eh, tapi gak cuma itu aja, ternyata dunia Matematika punya banyak banget jenis bilangan, loh! Ada yang namanya bilangan rasional dan bilangan irasional juga, tau gak? Nah, penasaran gak sih seperti apa dan ada contohnya gimana? Kalo penasaran, ayo langsung deh kita baca penjelasannya di artikel ini!

Bilangan Rasional

Bilangan rasional tuh kayak bilangan yang bisa dijadiin pecahan gitu (a/b). Nah, kalo bilangan ini diubah jadi pecahan desimal, angkanya bakal berhenti di satu angka aja. Kalo nggak berhenti, pasti bakal ada pola yang berulang. Contohnya nih:

1/2 = 0,5

2/5 = 0,4

1/9 = 0,111111111...

Bilangan Irasional

Nah, bedanya sama bilangan rasional, kalo bilangan irasional tuh nggak bisa dijadiin pecahan biasa. Kalo diubah ke pecahan desimal, angkanya nggak bakal berhenti dan nggak punya pola yang pasti. Coba deh liat contohnya:


Latihan Soal

Manakah yang termasuk bilangan irasional?

A. √25

B. 3/2

C. √2

D. 1/3

Penyelesaian

Nah, buat ngerjain soal di atas, kita bisa nyaring opsi jawabannya, nih. Pastiin dulu kalo bilangan irasional itu nggak bisa dijadiin pecahan biasa. Jadi, opsi b dan d bukan jawabannya. Lanjut deh, sisa opsi a sama c. Ternyata, opsi a juga salah karena akar dari 25 itu bilangan bulat, yaitu 5. Jadi, jawabannya pasti c, karena hasil dari √2 itu 1,4142135623... yang angkanya nggak berhenti dan nggak punya pola.

Eh, gampang banget kan buat nentuin jenis bilangan rasional dan bilangan irasional. Biasanya, buat nulis bilangan irasional, kita perlu bulatin angkanya. Misalnya, 2 atau 3 angka di belakang koma, kayak π yang di-bulat-in jadi 3,14.

Semoga Bermanfaat


Posting Komentar untuk "Bilangan Rasional dan Bilangan Irasional | Bedanya Apa?"